Menjaga Fokus Kepada Tuhan
Kalangan Sendiri

Menjaga Fokus Kepada Tuhan

Lori Official Writer
      2262

Ayat Renungan: 

Matius 6: 33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Lukas 17:21, "...Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu."

 

Di minggu ini, kita akan belajar bagaimana menjadi orang-orang percaya yang maksimal dengan tetap menjaga fokus kepada Tuhan. Kita diciptakan untuk hidup dalam hadirat Tuhan secara terus-menerus. Karena setiap hari kita bisa berhadapan dengan kondisi yang tak terduga seperti masalah, tantangan, serangan atau intimidasi emosional. Ketika kita terlibat dalam pekerjaan Tuhan, kita tak akan mampu mengerjakannya tanpa bantuan Tuhan. 

Hal ini dijelaskan dalam Matius 6: 33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Kata “semua” di sini bukan hanya bicara soal kebutuhan jasmani, tapi juga kebutuhan rohani seperti penghiburan dan pertolongan Tuhan.

Jadi, dimana kita bisa menemukan Kerajaan Allah? Di Lukas 17: 21 Yesus berkata, "...Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu." Artinya kerajaan Allah itu dekat dengan kita dan tak perlu mencarinya jauh ke puncak gunung atau lewat ritual yang mahal, seperti kebiasaan orang-orang beriman di Perjanjian Lama. Yang kita butuhkan hanya meluangkan waktu kita bersama Dia setiap hari. 

Mari menemukan kerajaan Allah lewat 5 kebiasaan ini setiap hari:

1. Ambil komitmen: Setiap hari, berkomitmen untuk menghabiskan waktu teduh bersama Tuhan. Meskipun sulit untuk bangun pagi, buatlah komitmen tertulis untuk melakukannya.

2. Jadikan momen bersama Tuhan sebagai prioritas. Sama seperti kita membuat janji kunjungan dengan dokter, pertemuan dengan klien bisnis atau meeting dengan atasan, begitu juga kita perlu memprioritaskan waktu dengan Tuhan. 

3. Buat jadwal rutin baca firman Tuhan. Jadwalkan waktu setiap hari untuk membaca Alkitab. Jangan hanya membacanya, tapi juga memahaminya. Ini akan membantu memperkuat roh kita dan mempersenjatai kita menghadapi serangan si iblis setiap hari.

4. Lakukan kebiasaan ini selama enam minggu secara rutin. Menurut psikolog, sebuah kebiasaan bisa terbentuk jika dilakukan secara rutin selama enam minggu. Kuncinya adalah konsistensi. Oleh karena itu, kita perlu memiliki komitmen yang kuat untuk melakukannya setiap hari selama enam minggu.

5. Andalkan Roh Kudus. Di Matius 26: 41 disampaikan, “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” Si iblis akan berusaha membuat kita gagal membangun hubungan dengan Tuhan. Karena itu kita butuh penolong yaitu Roh Kudus untuk memampukan kita melakukannya.

Mari menjadi pemenang di dalam pertempuran iman kita setiap hari. Ambil komitmen untuk selalu fokus kepada Tuhan.

 

Action: Dari renungan hari ini, apa komitmen yang kamu akan ambil? Tuliskan dengan lengkap dan jadikan sebagai pengingat setiap hari.

Ayat Hafalan: Matius 6: 33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Ikuti Kami